Inilah Tiga Model Utama Dari Server Cloud

Server cloud lebih disukai oleh banyak pemilik perusahaan daripada server fisik. Ada begitu banyak manfaat dari server jenis ini dibandingkan dengan yang fisik, sehingga Anda dapat berharap bahwa sebagian besar perusahaan telah puas dengan berbagai penyedia cloud server. Hal ini mungkin menjadikan anda ingin menyewa jasa layanan server cloud secepat mungkin. Namun, sebelum anda melakukan hal tersebut, anda harus memahami tiga model utama dalam server cloud.

Suatu perusahaan dapat memilih dari beberapa jenis server cloud. Tiga model utama tipe server ini meliputi:

Server cloud publik: Ekspresi paling umum dari server cloud adalah mesin virtual (virtual machine), atau menghitung “layanan” yang disediakan oleh penyedia cloud publik pada infrastrukturnya sendiri, dan memberikannya kepada pengguna di internet menggunakan web- antarmuka atau konsol berbasis web. Model ini secara luas dikenal sebagai infrastruktur sebagai layanan.

Server cloud pribadi: Server cloud ternyata juga dapat menjadi layanan komputasi dalam cloud pribadi di tempat. Dalam hal ini, suatu perusahaan mengirimkan server cloud ke pengguna internal di seluruh jaringan area lokal, dan, dalam beberapa kasus, juga untuk pengguna eksternal di internet. Perbedaan utama antara server cloud publik yang di-host dan server cloud pribadi adalah yang kedua ada dalam infrastruktur organisasi sendiri, di mana server cloud publik dimiliki dan dioperasikan di luar organisasi.

Server cloud khusus (dedicated): Selain server cloud virtual, penyedia cloud juga dapat menyediakan server cloud fisik, juga dikenal sebagai server bare-metal, yang pada dasarnya mendedikasikan server fisik penyedia cloud untuk pengguna. Server cloud khusus ini juga disebut layanan khusus, yang biasanya digunakan ketika organisasi harus menggunakan lapisan virtualisasi khusus, atau mengurangi masalah kinerja dan keamanan yang sering menyertai server cloud multi-tenant.

Server cloud tersedia dalam beragam pilihan komputasi, dengan beragam prosesor dan sumber daya memori. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih jenis layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan beban kerja tertentu. Selain itu, cloud memungkinkan untuk menemukan mesin virtual server cloud yang disesuaikan dengan kebutuhan beban kerja yang unik, seperti mesin virtual dengan komputasi yang dioptimalkan yang mencakup lebih banyak prosesor, yang tergantung terhadap jumlah memori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *